Rabu, 19 Agustus 2009

GARUDA DI DADAKU

kelana kota

16 Agustus 2009, 19:08:05, Laporan Agita Sukma Listyanti

Kompetisi Mural Nasional

Penetapan Alot, Garuda BersayapAkhirnya Jadi Pemenang


suarasurabaya.net| Meski penetapan pemenang sempat berjalan alot, akhirnya 5 dewan juri memilih pemural asal Surabaya sebagai pemenang Kompetisi Mural Nasional Lenmarc Lifestyle Mall, Minggu (16/08). 

BUDI PRASETYADI Ketua Dewan Juri Kompetisi Mural Nasional mengakui bahwa proses penetapan pemenang sempat diwarnai perdebatan. Pasalnya, para dewan juri yang terdiri dari BUDI yang juga Dosen Komunikasi Visual Universitas Ciputra, AGUNG TATO Perupa Surabaya, IAN McLELLAND GM Lenmarc, ERWIN BUDIANTORO Desainer Lanscape dan RULLY ANWAR Pecinta Seni memiliki persepsi yang berbeda. 

“Prosesnya a lot. Karena masing-masing juri berbeda persepsi. Awalnya kita memilih 10 mural, lalu terpilih lagi 8, kita nilai bareng. Ini juga masih ada perdebatan untuk memilih 3 besar, karena ada persepsi berbeda,” kata BUDI pada RULLY reporter Suara Surabaya, Minggu (16/08). 

Dari 80 tim peserta Kompetisi Mural Nasional yang bertema Mural for The Love of Indonesia ini, akhirnya disepakati 3 pemenang. Pertama, ISTOYO dan SUBEKI nomor urut 67 kelompok mural asal Surabaya. Kemudian posisi kedua diraih OKI RAIMONTA, BENNY dan SETYAWAN Komunitas Mural Tempat Kencing dari Yogyakarta dengan nomor urut 60. Pemenang ketiga adalah Komunitas Merger terdiri dari MARGON, WIRAWAN dan ANDRE dengan nomor urut 17. 

Menurut BUDI, ada 4 kriteria penilaian yang harus digunakan untuk memilih para pemenang. Yakni orisinalitas, kesesuaian dengan tema, eksekusi, dan pesan yang dikomunikasikan. 

BUDI menjelaskan juri akhirnya sepakat mural burung garuda bersayap dengan nuansa merah putih yang menjadi pemenang. Menurutnya, mural karya ISTOYO dan SUBEKI ini memiliki keunikan tersendiri. 

Burung garuda bermakna simbol negara. Sedangkan sayapnya yang terbentang dengan nuasa merah putih menggambarkan lepas terbang bebas dari segala permasalahn yang melingkupi negara ini. 

Puluhan mural yang dikompetisikan yang berlokasi di Raya Darmo Boulevard ini masih bisa dinikmati selama 6 bulan ke depan bersamaan dengan peresmian Lenmarc Lifestyle Mall.(git) 

Teks Foto : 
- Garuda Bersayap karya ISTOYO dan SUBEKI yang berhasil menyabet juara pertama Kompetisi Mural Nasional. 
Foto : Syandra Kwan Public Relations Agency

Tidak ada komentar: